♥^__^♥ Selamat Datang..!! Semoga Jadi Spiritual Pencerahan Matahati dengan Nafas Cinta Ilahi ♥^__^♥

Rabu, 26 Oktober 2011

MEMAHAMI KARAKTER

Moody lagi.., Moody lagi...!!! CPD

 Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa seorang yang moody adalah orang yang bergantung pada perasaannya, ada juga yang berpendapat bahwa orang tersebut tidak pernah stabil perasaannya. Kedua statement tadi benar, namun yang saya bingung, apakah moody itu baik atau malah merugikan?

Saya sendiri termasuk orang yang moody, dan sulit mengakuinya kalau moody itu benar-benar menyebalkan. Di satu hari, pagi-paginya saya bisa sangat bersemangat, namun satu jam kemudian bisa tiba-tiba murung ngga jelas, siangnya ngerasa males, tapi sorenya tiba-tiba seneng, dan begitu seterusnya. Padahal nggak ada alasan kuat/jelas kenapa bisa begitu malah kadang Cuma karena hal sepele aja.
Anehnya, kalau moody saya kambuh, pengennya menyendiri dan ngerasa kalo ada orang lain mereka tuh Cuma ngenganggu.

Saya jadi berkesimpulan kalo orang moody itu emang bikin orang sekitarnya nggak nyaman. Pasti mereka mikir “Ini orang aneh banget, dari tadi serba salah, maunya apa sih ?!” Meski begitu saya nggak bisa ngelak dan kalau kalian mau tau, susaahhh banget untuk menghilangkan sifat moody. Saya jadi suka ngomong sama diri sendiri, marah-marah sendiri, sampai seperti ada pribadi lain yang bertentangan dengan pribadi asli saya.

Pertanyaannya adalah, apakah benar orang yang moody itu sensitif dan pendiriannya berubah-ubah? Karena kalau ada hal kecil yang tidak sesuai dengan keinginan simoody, sekecil apapun, itu bisa tiba-tiba memukul perasaan dan mengubah keseluruhan perasaan si moody.
 
Saya pernah baca satu artikel, bahwa moody  itu bisa digolongkan sebagai “Mood disorder” yang diakibatkan karena terlalu memperbesar masalah2 sepele, kurang bisa menerima keadaan yang tidak sesuai, dan selalu ingin semuanya berjalan dengan lancar dan sempurna. Saya akui memang itulah yang saya rasakan.

Hmm.. kira-kira apa moody itu bisa hilang atau malah jadi sifat “permanen” ya? Kalau emang permanen, ya, saya terima aja itu sebagai anugerah, tapi tetep berusaha untuk tidak jadi moody.

Buat kalian yang juga seorang moody, saya punya beberapa tips untuk ngilangin sifat itu :
1)  Mencoba lapang dada.
2)  Anggap semua mudah.
3)  Positive thinking!
4)  Mencoba memikirkan apa titik permasalahan yang terjadi, dan menganalisa kalau itu   cuma masalah kecil dan tidak sepantasnya untuk dijadikan beban pikiran. 
5)  Menerima dengan ikhlas apa yang telah terjadi.
6)  Gunakan masa muda sebaik mungkin, karena kalau sudah tua nanti nyawa sudah di ujung tanduk.
7)  Buat orang sekitar merasa gembira sehingga memberi kesan positif pada kita.
8)  Rajin beribadah
9)  Usahakan selalu menyibukkan diri sehingga lupa dengan masalah yang sedang terjadi pada kita.
10) Denger lagu klasik (beberapa ahli mengatakan bahwa lagu klasik bisa menenangkan pikiran terutama kalau sedang marah/sedih. Hindari mendengar lagu rock).
11) Tuangkan berbagai macam perasaan yang sedang dirasakan lewat tulisan, misalnya puisi, cerpen dsb sehingga ada manfaatnya.
 
Yak, silakan diuji coba, siapa tau berhasil
Jadi, sebenarnya moody itu jelek apa bagus? Hmm saya rasa semua sifat yang kita punya, apapun itu, pasti ada baik dan buruknya, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Haha ya gak?

cr:raishaotika.blogspot.com/ http://perfecto-life.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar